Senin, 04 Maret 2013

PEMERINTAHAN BERSIH


Usman hasan dalam coretan pada 20 Agustus 2012 pukul 11:05

Mimpi itu bunga tidur. Begitu kata sebagian orang. Ada pula yang menganggap- mimpi itu memiliki makna, kadang dikaitkan dengan keberuntungan, musibah dan sebagainya.

Pernah seseorang menceritakan sebuah mimpi kepada saya. Ketika itu sudah dekat Pemilukada. Ceritanya begini: itu pasangan calon kita masing-masing dengan angka punggung A,B,C dan D. Itu   saya lihat  calon A duduk di kursi kebesaran, wajahnya memancarkan cahaya, sementara itu calon B, C, dan D, hanya nampak samar-samar,masing-masing mereka duduk di kursi, tapi tidak begitu nampak wajahnya. 

Setelah dilaksanakan Pemilukada, itu pasangan calon dengan angka punggung A yang diliputi cahaya, dia   lolos. Mungkin kebetulan, mungkin juga teman saya tidak bermimpi seperti itu, kemudian dia ngarang-ngarang saja, entahlah.  Tapi, ada yang bilang, kalau seseorang menceritakan mimpi yang tidak pernah dia alami, maka itu kebohongan besar, maksudnya  berdosa besar.

Nah, saya ini kan suka nulis-nulis, suka bermain di tataran imajinasi, ya kalau bahasa kasarnya “ berbohong”, tidak benar bermimpi, tapi mengaku bermimpi, hanya karena ingin menuangkan pikiran imajinatif dalam sebuah tulisan. Mudah-mudahan tidak masuk kategori kebohongan besar.

Saya bertemu dengan seorang tokoh nasional, beliau ini sudah almarhum,  saya amati, eh, ini Bung Adam Malik, wartawan tiga zaman, dijuluki si kancil, pernah menjabat Wakil Presiden, Ketua MPR/DPR dan pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Keamanan PBB.

“Ada apa dik, ada yang perlu saya bantu ? “ Demikian suara Adam Malik penuh wibawa.
Saya terkejut kemudian dengan menjura  penuh hormat, saya berkata : maaf beribu maaf, apa saya berhadapan dengan  bapak Adam Malik .

“Benar sekali. Apa khabar dari duniamu. “

‘Alhamdulillah bapak Adam Malik, baik-baik saja, pembangunan gedung maju pesat pak, walau beras saja kami impor, salah satu sebabnya konversi lahan menjadi pemukiman dan pabrik terjadi dimana-mana. Banyak sekali legislator pintar-pintar, tapi kadang hanya lebih banyak menimbulkan masalah ketimbang memberikan solusi. Itu Bung Karno cuma meminta sepuluh pemuda maka dia akan menggoncangkan dunia, pak, tapi negeriku pak, ratusan sampai ribuan legislator, tidak ada juga pak, betul pak,  menggoncangkan dunia, tapi menggoncangkan dalam pengertian negatif pak.  Bayangkan saja, pak – sedangkan Presiden mengeluh, bahkan membuat ranking partai politik korupsi, ada rangking satu, dua dan tiga dengan detil prosentasi masing-masing, kayak anak SMA saja pak, pakai rangking segala macam.  Pendidikan maju, sekolah ada sampai di desa dan kecamatan, walau ada  sekolah hanya ada dua orang guru,  universitas sampai ke daerah kabupaten walau banyak konfliknya. Bapak ini kan masih menjabat menteri ketika Orde Lama, nah ketika muncul Orde Baru, maka Orde Lama dianggap seperti “anjing kurapan”, tidak ada lagi unsur positifnya. Kemudian muncul Orde Reformasi, semua berteriak Orde Baru busuk, lamban, pro modal asing, pemerintahan diktator, melanggar HAM. Diteriakkan pula Suharto harus  digantung, Golkar dibubarkan, ABRI harus digusur dari Parlemen. Nyatanya pak, mereka yang nyarinbg suara berteriak itu  lebih busuk dari yang mereka kritik, pak Adam Malik yang saya sangat hormati.

‘Wah.. wah.. hebat, cara ngomongmu itu, luar biasa sekali, gaya profokatif, tidak gampang. Atau gaya bicaramu jangan-jangan gambaran atau mewakili  gaya bicara generasimu,gaya bicara legislator yang kamu kritik itu. “ Kata Adam Malik dengan suara tajam,  suaranya agak nyaring.

Saya tertunduk, tak mampu memandang wajah Adam Malik yang sangat berwibawa. Kemudian dengan suara pelan berkata : “ Maafkan saya bapak Adam Malik idolaku, saya ini hanya frustasi saja pak, mungkin yang benar bahwa saya mewakili generasi yang frustasi pak, soalnya banyak pemimpin kami bicara tidak sesuai dengan perbuatan, “ genitnya” minta ampun pak, kalau gaya bicaranya sih, ya batu pun bergoyang. Penegak hukumnya pak, sebahagian besar menjual perkara jadi barang dagangan, politisinya menjual kebijakan kepada pemilik modal pak, katanya hendak membela rakyat, ternyata hanya membela kepentingan segelintir orang. LSM-nya, kurang lebih sama pak, lebih banyak jadi broker, mereka seolah-olah tidak bisa eksis kalau tidak jadi “pesuruh” elite kekuasaan, tidak mandiri pak. Mereka sama pak hanya mengejar kekuasaan juga, tapi  dengan jargon kerakyatan, sama dengan politisi itu. Wartawannya ? Kurang lebih pak, tidak ada harapan. Rakyat kan mengharapkan pemerintahan bersih, pak. “

‘Luar biasa, dari kata-katamu.  Memang banyak masalah dengan negeriku tercinta dan ada masalah juga denganmu, utamanya dalam soal bersikap, ada  pesimisme. Mustinya, generasi unggul tidak pesimis. Kedua, itu ucapanmu terakhir soal pemerintahan bersih. Sudah lama saya katakan bukan hanya kepada publik, tapi pertama saya katakan kepada anakku sendiri, darah dagingku sendiri. Ketika itu dia mahasiswa, ya sedikit banyak dia bersimpati dengan gerakan mahasiswa tahun 70-an yang mengusung isu pemerintahan bersih, sementara saya Wakil Presiden. Saya katakan kepada  anakku, jangan kamu membohongi rakyat. Rakyat sudah susah, jadi  jangan kamu tambah beban  rakyat dengan kebohongan. Tidak ada sejarah  yang namanya pemerintahan bersih, makanya rajin belajar sejarah.”

Saya tertunduk, tidak mampu lagi mengucapkan apa-apa. Hanya saya bergumam sendiri, betapa uniknya ini Bung Adam Malik, konon pendidikan formalnya hanya kelas II SMP, tapi luar biasa jernih  pemikirannya, jujur sekali, apa adanya, tidak menghamburkan  kata-kata surga telinga. Benar juga pendapatnya soal pemerintahan, tidak ada pemerintahan bersih. Memangnya rinso.  Yang ada, mungkin pemerintah yang melakukan fungsinya secara maksimal, atau bahasa apa ya yang tepat  dan singkat untuk menggambarkan  pemerintahan yang melakukan fungsinya secara maksimal.  Sulit sekali mencari  tokoh sekaliber beliau. Apa lagi saya yang cuma bisa kerja nulis-nulis, oh jauh ibarat bumi dan langit. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar